Senin, 02 April 2012

Aktif barorganisasi namun tetap berprestasi


AKTIF BERORGANISASI
NAMUN TETAP BERPRESTASI

            Salam sejahtera bagi kita semua,
            Yang terhormat Bapak Nunung Kurniawan selaku penilai,
            Yang saya sayangi teman-temanku semua selaku.
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan berkat, rahmat dan anugrahnya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.
            Tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Nunung rekan-rekan, karena telah berkenan memberikan saya kesempatan untuk berpidato. Sebelum saya melanjutkan pidato ini, perkenankanlah saya untuk memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Saya Melva Rosdhi Lutvitasari, di sini saya akan menyampaikan pidato singkat yang berjudul “Aktif berorganisasi ,namun tetap berprestasi”    
Teman-teman yang saya sayangi,    
            Organisasi merupakan wadah bagi siswa untuk bersosialisasi, melatih jiwa kepemimpinan, kedisplinan, dan melatih bertanggung jawab. Namun ada kalanya kegiatan dalam organisasi akan menyita waktu kita, termasuk waktu untuk belajar. Padahal belajar merupakan hal yang penting agar kita dapat mencapai sebuah prestasi. Banyak siswa yang menginginkan dirinya berprestasi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak berorganisasi dan memilih untuk belajar agar mencapai prestasi yang diinginkan.
            Mungkin bagi sebagian siswa beranggapan bahwa bisa berorganisasi dengan baik serta bisa berprestasi merupakan suatu hal yang tidak mungkin. Pasalnya banyak siswa yang bisa aktif dalam organisasi namun ia gagal berprestasi, sebaliknya banyak siswa yang bisa meraih banyak prestasi namun ia tidak bisa mengikuti organisasi dengan baik. Namun, sebetulnya kedua hal tersebut dapat dicapai. Berikut beberapa tips untuk dapat aktif berorganisasi namun tetap berprestasi :
1.     Disiplin waktu
Disiplin waktu sangat dibutuhkan agar kita dapat aktif organisasi namun tetap berprestasi. Kita harus bisa mengatur waktu dengan baik agar kedua hal tersebut bisa berjalan dengan baik. Misalnya kita sedang mengikuti organisasi namun sudah waktunya kita untuk pergi les. Kita harus konsisten dan meminta izin untuk les.

2.     Berusaha untuk belajar secara mandiri
Dalam mengikuti organisasi kita tidak pernah tau kapan kita akan meninggalkan jam pelajaran untuk mengikuti organisasi. untuk itu agar kita tidak ketinggalan pelajaran, maka kita harus bisa belajar secara mandiri. Walaupun belajar secara mandiri punyailah prinsip harus bisa menguasi materi.
3.     Niat dan Kemauan yang kuat
Punyailah niat dan kuat dalam diri untuk menjadi seorang bisa aktif dalam organisasi namun tetap berprestasi.
4.     Punyailah motivasi, usaha, dan doa
Motivasi sangat dibutuhkan dalam semua aspek kegiatan. Karena dengan adanya motivasi kita bisa menjadi lebih bersemangat dalam menjalani setiap kegiatan. Dan dengan adanya motivasi kita menjadi tahu apa tujuan kita melakukan hal tersebut.  Selain itu usaha untuk bisa berorganisasi dan berprestasi dengan baik juga sangat dibutuhkan. Namun yang tak kalah penting dari semua itu adalah doa.

                        Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang siswa yang aktif namun tetap berprestasi bukanlah hal yang tidak mungkin. Hal tersebut bisa diwujudkan apabila kita bisa disiplin waktu, mau berusaha untuk belajar secara mandiri, mempunyai niat dan kemauan yang kuat, dan mempunyai motivasi, usaha dan doa. 
            Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Terimakasih atas perhatiannya. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar