Rabu, 04 April 2012

Tawa, tangis dan amarah

-->

FAKTA TENTANG TERTAWA,

MANANGIS DAN MARAH

 

-->Dalam hidup ini tidak selamanya kita akan mengalami sebuah peristiwa yang menyenangkan saja atau menyedihkan saja. Namun, selalu berubah-ubah. Kita sering mengekspresikan semua itu dengan tangis, tawa, atau bahkan dengan kemarahan. Taukah kalian bahwa ternyata tawa, tangis dan marah mempunyai manfaat. Apakah manfaatnya? Mari kita lihat bersama .

Tentang Tertawa

          Tahukah anda meluapkan perasaan senang dengan tertawa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tertawa dapat melepaskan pemikiran negatif dan stress di dalam tubuh. Dengan menurunnya tingkat stress di dalam diri anda dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh meningkat dan secara alami akan membuat tubuh lebih sehat. Tertawa menghasilkan hormon endorphine yang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman untuk tubuh. Banyak orang bilang, tertawa bisa bikin awet muda loh .Selain itu tertawa berfungsi proses penyembuhan dari penyakit. Secara logis, tertawa dapat melancarkan
peredaran darah dalam tubuh sehingga kadar oksigen akan meningkat. Dan tertawa secara spontan bahkan dengan sepenuh hati membuat otot di daerah wajah lebih rileks. Bisa dikatakan senam wajah dan meredakan perasaan tegang di otot wajah.
          Para ilmuwan dari Universitas Oxford percaya, bahwa tawa yang tidak terkendali melepaskan endorfin yang tidak hanya menyebabkan perasaan euforia, tetapi juga mengurangi rasa sakit. Efek ini dihasilkan ketika udara keluar dari paru-paru sambil tertawa. Sebagai bukti, percobaan telah dilakukan terhadap dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menonton video lucu selama 15 menit dan kelompok kedua dipaksa untuk menonton program membosankan yang didedikasikan untuk golf. Ternyata para relawan menemukan, mereka yang telah tertawa, 10 persen lebih mampu memertahankan rasa sakit. Sebelum melihat video, mereka tidak bisa menolak rasa sakit lebih baik daripada relawan kelompok kedua. Demikian dikutip dari Genius Beauty, Kamis (20/10/2011).
Selain itu berikut ada beberapa manfaat lain dari tertawa :
1.       Mengurangi risiko penyakit jantung.Studi menemukan tertawa memperluas dinding   bagian dalam arteri sehingga meningkatkan aliran darah dan efek positifnya bisa berlangsung selama 30-45 menit.

2.      Meningkatkan pernapasan.
Tertawa membantu mengosongkan paru-paru dari udara berlebih yang dibutuhkan sehingga memberikan efek pembersihan atau mirip dengan pernapasan dalam. Hal ini sangat membantu bagi orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma.

3.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Para peneliti telah menemukan bahwa tertawa sebenarnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah antibodi yang memproduksi sel-T.
Hal ini nantinya juga membantu menurunkan kadar 4 hormon yang berhubungan dengan stres sehingga mengurangi tegang dan kecemasan, karenanya tertawa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi efek stres dan membuat tidur lebih baik.

4.      Antidepresan yang efektif.
Tertawa membuat depresi dan kecemasan menjauh dengan meningkatkan produksi serotonin yang bertindak sebagai antidepresan alami. Karena itu tidak mengherankan orang yang memiliki selera humor baik lebih jarang mengalami depresi.


5.     Tertawa itu bisa menular.
Seseorang yang bisa melucu atau membuat lelucon yang mengundang tawa akan meningkatkan semangat orang-orang diskeitarnya sehingga bisa menciptakan energi positif untuk lingkungan sekitar.



6.     Membantu menurunkan berat badan.
Membakar kalori dengan tertawa mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi tertawa bisa meningkatkan denyut jantung dan mempercepat metabolisme.

Tentang marah

Marah merupakan salah satu perilaku yang wajar karena merupakan bentuk dari ekspresi emosi.  Bila posisi anda sedang marah, otomatis akan ada stimulasi psikologis dan biologis sehingga denyut nadi dan tekanan darah akan meningkat baik itu noradrenalin, adrenalin dan hormon. Marah itu dibagi menjadi empat kategori, antara lain sebagai berikut :
  1. Kesengajaan ketika marah, yaitu dengan sengaja marah
  2. Marah yang Spontan, yaitu marah secara tiba – tiba
  3. Marah yang Konstruktif , yaitu marah dengan mengancam orang lain
  4. Marah yang Destruktif , yaitu meluapkan marah tanpa rasa bersalah
 Ternyata marah itu bias menjadi wujud dari komunikasi. Kadangkala orang lain akan mengerti dengan apa yang kita sampaikan ketika kita marah. Bentuk penyampaian pun sangat beragam tergantung dari kondisi aspek lingkungan dan sosial. Marah itu adalah sifat manusiawi. Tetapi marah bisa berakibat fatal bila marah tidak bisa dikendalikan sehingga diwajibkan anda harus mengatur sifat amarah dengan tepat daripada perasaan jengkel anda dipendam.Tahukah anda bila marah itu ternyata sehat ? Marah dengan alasan bukan karena beberapa hal yang subjektif. bisa dikatakan marah dengan wajar. Jangan sampai marah tidak terkendali bisa jadi malah merugikan orang lain.Bila anda seringkali marah tanpa ada alasan yang kuat, ada tips nya nih :
  • identifikasikanlah sikap dan pendirian yang seringkali salah dan dapat mempengaruhi orang lain menjadi marah yang meledak – ledak. Dan bilamana sudah mengetahui, Perbaikilah kesalahan ini sehingga anda dengan mudah mengontrol rasa marah anda.
  • Identifikasi permasalahan dari  masa kecil yang mampu menghambat kemampuan untuk mengekspresikan marah. Beberapa kendala termasuk ketidaktahuan, penolakan hingga ketakutan.
  • Pelajarilah dengan tepat untuk ekspresi marah sehingga dapat mengatasi situasi yang dapat menimbulkan kemarahan.
  • Tutupilah luka yang tertinggal bilamana sikap emosional dari marah yang destruktif.

Tentang Menangis

Dengan menangis merupakan ekspresi dari emosi membuat lebih sehat ? Karena hal ini dipicu dengan keluarnya air mata yang mengandung zat mangan dan hormon prolaktin ketika frustasi/stress bahkan sedih. Sehingga secara otomatis menurunkan tingkat stress. Air mata dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
  1. Air mata dapat melubrikasi mata secara teratur.
  2. Air mata yang keluar secara spontan karena iritasi mata
  3. Air mata yang keluar karena faktor emosi. Dari jenis inilah yang mempunyai zat mangan dan hormon prolaktin ketika seseorang sedang menangis akibat emosi maka pelan – pelan perasaan stress akan mereda sehingga tubuh akan menjadi stabil
Menangis dengan puas maka rasa sedih/beban menjadi berkurang sehingga setelah menangis akan merasa nyaman atau lega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar